Bagaimana LMS dapat meningkatkan bisnis Anda?

V-cube Indonesia – Dalam studi terbaru oleh LinkedIn, 94% karyawan yang disurvei mengkonfirmasi bahwa mereka lebih cenderung betah bekerja di perusahaan yang serius dalam melakukan pelatihan dan pengembangan karyawannya. Banyak bukti yang menunjukkan bagaimana program pelatihan dan pengembangan karyawan yang baik dapat meningkatkan produktivitas serta berbagi macam manfaat yang lain.

Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Saat ini, sebagian besar sektor bisnis telah menganggap bahwa program pelatihan dan pengembangan yang unggul sebagai hal sangat penting untuk keberhasilan sebuah Bisnis Perusahaan. Bagi manajer HRD, masalahnya adalah bagaimana cara meyakinkan pimpinan perusahaan bahwa program pelatihan dan pengembangan karyawan perlu mendapat perhatian yang serius. Sekaligus membuktikan bahwa program-program ini dapat dilaksanakan secara baik dan berimplikasi positif bagi Perusahaan.

Tantangan dalam membuat program pelatihan dan pengembangan Karyawan

Meskipun ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa pelatihan dan pengembangan karyawan sangat penting untuk kesuksesan bisnis, menciptakan sebuah pengalaman belajar yang mampu mencapai tujuan ini masih menjadi tantangan tersendiri. Sebuah program pelatihan, selain harus menarik bagi karyawan juga juga harus dapat memenuhi tujuan bisnis secara menyeluruh. Perusahaan sering kali berhati-hati dalam menginvestasikan waktu dan sumber daya yang dibutuhkan untuk membuat dan mempertahankan jenis strategi ini. Mereka yang menanganinya tanpa arah dan strategi yang jelas seringkali melihat hasil yang tidak sesuai harapan.

Perusahaan yang telah berkomitmen untuk memberikan jam pelatihan dan pengembagan secara khusus bagi setiap karyawannya, sering kali dihadapkan pada besarnya biaya yang perlu dialokasikan serta penawaran harga yang tinggi dari penyedia jasa training pihak ketiga. Sebuah perusahaan besar dengan ribuan karyawan tentunya juga harus mempertimbangkan berbagai aspek terutama dari segi tempat, waktu, tenaga dan biaya yang harus dipersiapkan jika harus melakukan pelatihan pembelajaran berbasis kelas.

Berikan solusi pembelajaran yang unggul dengan Learning Management System (LMS)

Di sinilah sistem pengelolaan pembelajaran yang tepat berperan. Berinvestasi dalam bidang teknologi untuk menangani pengelolaan training di Perusahaan dapat secara signifikan mengurangi tenaga kerja manual yang terlibat dalam menciptakan strategi Pelatihan dan Pengembangan yang unggul. Dengan Learning Management System, tim HRD memiliki alat dan kemampuan untuk mewujudkan program pelatihan dan pengembangan karyawan yang mereka butuhkan.

Berikut beberapa manfaat utama yang bisa Anda peroleh dengan penggunaan LMS yang tepat untuk menyampaikan strategi pembelajaran dan pengembangan di perusahaan Anda.

1. Meningkatkan partisipasi Karyawan

Sebuah studi baru-baru ini juga menemukan bahwa 74% karyawan ingin belajar di waktu luang mereka dari tempat kerja maupun dari rumah. Saat ini orang menginginkan kebebasan untuk dapat belajar dengan cara mereka sendiri. Dengan LMS berbasis cloud, pembelajaran dapat diserahkan sepenuhnya kepada karyawan. Mereka dapat mengakses materi yang ada dan menyelesaikan pembelajaran mereka di waktu yang sesuai, bahkan dapat dengan mudah untuk diakses dari perangkat seluler atau tablet.

Solusi manajemen pembelajaran, seperti V-CUBE Learning misalnya, dapat memberikan solusi bagi HRD sebagai alat untuk membuat berbagai materi pembelajaran, kursus atau pelatihan yang menarik. Ini dapat mencakup kuis, video, tayangan slide, dan lainnya yang semuanya dapat digunakan dalam satu berbagai materi pembelajaran yang bervariasi dan menarik.

Dengan membuat pembelajaran lebih mudah diakses dan menarik, sistem pengelolaan pembelajaran dapat membantu meningkatkan tingkat penyelesaian sebuah materi pelatihan dan membuat pembelajaran lebih berhasil untuk semua orang.

2. Meningkatkan kinerja dan produktivitas Karyawan

LMS dapat membantu menyederhanakan proses pembuatan dan penyampaian sebuah pelatihan. Solusi yang mudah digunakan dapat membantu tim HRD menghasilkan materi pembelajaran baru dan relevan secara lebih cepat sehingga karyawan dapat terus belajar dan produktivitas dapat terus meningkat.

LMS dapat memberikan keunggulan kompetitif yang dapat mempengaruhi kinerja bisnis secara signifikan. Tim HRD juga akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan produktivitas karena mereka menghemat waktu dan beban kerja yang biasanya diperlukan untuk menyiapkan sebuah pelatihan offline dengan banyak perserta tanpa bantuan teknologi LMS.

3. Menghemat biaya

Salah satu keuntungan menggunakan LMS adalah Perusahaan dapat menghemat biaya yang cukup sifnifikan terkait biaya penyelanggaraan pelatihan dari pihak ketiga di ruang kelas termasuk biaya cetak materi, biaya perjalanan, staf pelatihan dan waktu istirahat. Faktanya, LMS berbasis cloud menyediakan aksesibilitas tak tertandingi yang dapat dimanfaatkan karyawan untuk belajar di tempat kerja dan di waktu luang mereka, yang pada akhirnya berarti karyawan menghabiskan dapat lebih banyak waktu untuk pekerjaan sehari-hari mereka.

Dalam Jangka panjang, LMS memberikan pengalaman belajar yang unggul, mampu meningkatkan produktivitas  dan mengurangi turnover karyawan. Hal ini tentu saja sangat bagus bagi sebuah Perusahaan.

4. Menyelaraskan pelatihan dengan kebutuhan Perusahaan

LMS memberikan solusi dan kebebasan bagi bisnis untuk mengambil pendekatan strategis terhadap program pengembangan Karyawan. Tim HRD memiliki lebih banyak waktu untuk bekerja dengan pimpinan Perusahaan untuk memutuskan keterampilan dan pelatihan mana yang mungkin diperlukan untuk memenuhi kebutuhan industri yang dinamis dan untuk mencapai tujuan bisnis jangka panjang. Mereka kemudian memiliki sumber daya dan alat untuk membuat jalur pembelajaran yang memfasilitasi hal ini, dengan cepat dan mudah mengadaptasi pembelajaran sesuai kebutuhan.

5. Lacak, analisis, dan tingkatkan pembelajaran

Tidak seperti metode pembelajaran tradisional seperti program berbasis kelas, LMS dapat memberikan banyak data tentang pelatihan yang Anda berikan kepada karyawan. Menganalisis statistik penyelesaian kursus, tingkat kehadiran, berapa lama karyawan menghabiskan waktu dengan materi pembelajaran tertentu atau pada kursus tertentu dan banyak lagi semuanya dapat membantu pengembangan materi pembelajaran di masa depan. Temukan konten mana yang paling menarik dan keterampilan mana yang paling diinginkan untuk terus membentuk dan meningkatkan program pembelajaran Perusahaan Anda.

Learning Management System yang unggul

Saat ini, potensi teknologi untuk pembelajaran di tempat kerja memberikan kemampuan lebih dari sebelumnya kepada tim HRD. Untuk menyampaikan jenis strategi pembelajaran yang akan melibatkan dan memenuhi kebutuhan karyawan serta selaras dengan tujuan Bisnis, penggunaaan LMS yang unggul seperti V-CUBE Learning adalah kuncinya. Dengan pengalaman V-cube Indonesia menyediakan V-CUBE Learning, kami dapat membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari sistem kelas dunia ini. Hubungi salah satu tim kami untuk mengetahui lebih lanjut, atau buat janji untuk mendapatkan demo gratis Anda hari ini.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_US