Email: vcube_in@vcube.com | Phone: +62 21 2994-1363
Apa itu Jitter? Arti, penyebab dan solusinya
Jika Anda pernah melakukan panggilan suara atau video dengan orang lain lalu tiba-tiba terputus di tengah sesi, kemungkinan penyebabnya adalah jitter. Jitter pada panggilan video dapat merusak interaksi online antar pengguna. Jadi ini adalah masalah yang penting bagi developer untuk dipahami sehingga mereka dapat menghindarinya saat membuat aplikasi.
Jadi apa itu jitter jaringan? Dan yang lebih penting, bagaimana Anda bisa menguranginya? Tulisan ini mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut dan melihat masalah yang sering terjadi pada pengguna. Sehingga Anda bisa mendapatkan pemahaman penuh tentang masalah tersebut sebelum dapat memberikan solusi yang lebih tepat.
Untuk memahami jitter, pertama-tama kita perlu mengetahui apa yang terjadi di balik layar. Khususnya, paket data.
Segala sesuatu yang dikirim melalui Internet – apakah itu file teks atau video – ditransmisikan melalui paket. Data pertama-tama dibongkar, dikirim melalui Internet sebagai paket, lalu dipasang kembali di tempat tujuannya.
Sebagian besar, urutan kedatangan paket tidak terlalu penting untuk pengiriman email atau membuka halaman web. Selama semua paket berhasil dikirim, tidak akan terjadi apa-apa pada email maupun halaman web yang Anda buka.
Namun, hal yang sama sekali berbeda terjadi untuk aplikasi real-time yang menyediakan panggilan suara dan video. Masalah muncul ketika paket data ini tiba di tempat tujuan dalam keadaan rusak. Hal ini dapat terjadi ketika paket hilang atau tertunda dalam perjalanan karena kemacetan. Sehingga menyebabkan suara dan video menjadi kacau atau terdistorsi.
Singkatnya, ini jitter
Banyak orang bingung membedakan antara jitter dengan latensi. Meskipun keduanya sangat penting untuk pengalaman streaming yang lancar, keduanya sebenarnya berbeda. Jadi apa arti jitter dalam kaitannya dengan latensi?
Latensi adalah waktu yang diperlukan paket data untuk dikirim melalui jaringan, diukur dalam satuan milidetik. Semakin rendah latensi, semakin cepat waktu respons dan semakin kuat koneksinya. Pada aplikasi real-time seperti game online dan panggilan suara, latensi yang rendah akan membuat game terasa lancar dan konsisten. Latensi, bagaimanapun juga tidak pernah bisa bernilai nol, namun harus diusahakan agar serendah mungkin.
Di sisi lain, jitter adalah ketidakkonsistenan dengan latensi jaringan. Skor jitter yang rendah berarti bahwa koneksi mempertahankan tingkat latensi yang baik sepanjang sesi dan menimbulkan gangguan minimal pada koneksi.
Jadi apa itu jitter pada tes kecepatan jaringan? yaitu mengukur seberapa banyak latensi menyimpang selama waktu yang ditentukan. Jitter 2 ms misalnya, memiliki arti bahwa latensi berubah rata-rata sebesar itu.
Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa baik latensi tinggi dan nilai jitter tinggi sama-sama sesuatu yang tidak diinginkan. Karena dapat membuat frustasi ketika kita sedang meeting dengan kualitas suara yang jernih tiba-tiba muncul distorsi dan suara tidak dapat terdengar jelas.
Jitter hadir dalam banyak rasa dengan berbagai efek pada kualitas panggilan Anda. Ini bisa menjadi jitter konstan, yang berarti tingkat penundaan konsisten selama panggilan berlangsung. Atau bisa bersifat sementara (ledakan tiba-tiba), atau penundaan menumpuk secara bertahap. Namun, salah satu efek yang lebih umum adalah variasi penundaan jangka pendek, yang terjadi pada sejumlah paket. Seringkali, ini disebabkan oleh kemacetan jaringan.
Tapi, bagaimana Anda tahu bahwa nilai jitter Anda tinggi? Secara singkat dapat dipantau melalui uji jitter, dimana tanda yang harus diwaspadai adalah setiap panggilan yang terputus-putus. Suara campur aduk atau terdistorsi, statis, dan video yang berkedip-kedip juga merupakan gejalanya. Efek paling buruk jitter dapat menyebabkan Anda keluar atau terputus dari sebuah panggilan.
Beberapa gejala latensi juga dapat disalahartikan sebagai jitter, tetapi perbedaannya cukup jelas. Misalnya, jika Anda mengalami “gema”, “bicara ganda”, atau penundaan dari saat seseorang berbicara hingga Anda mendengarnya, itu mungkin latensi.
Singkatnya, penundaan suara apa pun bentuknya adalah latensi. Namun jika itu mempengaruhi kualitas suara (distorsi, audio yang kacau), maka kemungkinan besar itu adalah jitter.
Apa Penyebab Jitter?
Seperti dibahas di atas, jitter disebabkan oleh paket data yang hilang atau tiba dengan urutan yang salah. Namun sementara kita mengetahui detailnya, faktor apa yang menyebabkan indikator tersebut terjadi?
Sebenarnya, jitter tinggi memiliki banyak penyebab. Dan biasanya semua penyebab ini terkumpul menjadi satu menyembabkan nilai jitter yang tinggi.
Alasan nomor satu adalah kemacetan jaringan. Kemacetan jaringan sering terjadi ketika terlalu banyak perangkat secara bersamaan mengirim paket data melalui jaringan. Selain masalah latensi, itu juga dapat menyebabkan jitter. Selain itu, kemacetan minimal pun dapat menimbulkan gangguan pada aplikasi real-time seperti VoIP.
Kemacetan adalah masalah yang bisa muncul saat melakukan panggilan VoIP di rumah. Seringkali, Anda bukan satu-satunya yang menggunakan Internet dalam rumah. Seseorang dari keluarga Anda mungkin juga sedang melakukan dalam panggilan video lain, atau bermain game online dalam waktu yang bersamaan.
Dalam kasus ini, solusi kemacetan adalah memprioritaskan paket atau menggunakan perangkat router dengan kualitas yang baik. Faktanya, perangkat keras yang sudah ketinggalan zaman merupakan penyebab besar kinerja jaringan yang buruk atau jitter. Jika tidak memungkinkan, cobalah menjadwalkan aktivitas online yang meminimalkan konflik. Misalnya, Anda dapat mengunduh file berukuran besar di luar jam kerja.
Jika kemacetan tidak bisa disalahkan, penyebab selanjutnya adalah karena Anda menggunakan koneksi nirkabel atau WiFI. Anda bisa tahu ini terjadi ketika Anda satu-satunya yang mengalami masalah jitter sementara orang lain tidak. Jaringat nirkabel cukup rentan terhadap gangguan yang menyebabkan paket loss dan jitter.
Terakhir, masalah jitter bisa saja disebabkan oleh penyedia VoIP Anda. Jika Anda telah mengecek semuanya dan masalah jitter tetap ada, ini mungkin alasannya. Untungnya (atau sayangnya, tergantung pada seberapa banyak Anda berinvestasi dalam perangkat lunak VoIP Anda), mengubah penyedia adalah cara terbaik untuk memecahkan dilema ini.
Itulah mengapa sangat penting untuk melakukan pekerjaan rumah Anda dan memilih penyedia VoIP terkemuka yang terkenal dengan kinerja dan kualitasnya. Yang terbaik bahkan dapat mengimbangi kondisi jaringan yang kurang ideal sehingga Anda dapat lebih sering menikmati panggilan berkualitas.
Berapa Banyak Jitter yang Normal?
Seperti latensi, hampir tidak mungkin untuk menghilangkan jitter seluruhnya. Tujuan Anda adalah untuk menguranginya sebanyak mungkin.
Pertama, ini bergantung pada aplikasi yang Anda gunakan. Jika Anda hanya menjelajahi web, mengirim email, atau mengobrol dengan seseorang, jitter bukanlah masalah. Jangan mengandalkan pengiriman paket yang cepat.
Tetapi jika itu adalah sesuatu dalam waktu nyata seperti obrolan suara atau video, itu jauh lebih penting Dan bukan hanya jitter yang ingin Anda khawatirkan; Anda juga ingin menjaga latensi dan kehilangan paket seminimal mungkin.
Secara umum, yang terbaik adalah menjaga jitter kurang dari 30 milidetik.Apa pun di atas ambang batas ini, Anda akan melihat penurunan kualitas audio.
Tentu saja, ini hanyalah pedoman. Apa yang dapat diterima akan bergantung pada seberapa besar penurunan kualitas audio yang dapat Anda toleransi.
Jika itu hanya rapat tim internal, selama Anda bisa memahami apa yang dikatakan semua orang, maka kegelisahan tidak masalah.
Tentu saja, jika Anda menghosting webinar atau mempresentasikan promosi penjualan kepada klien, Anda ingin kualitas audio Anda menjadi yang terbaik.Jadi menjaga jitter jauh di bawah 30 milidetik disarankan untuk memberi Anda sedikit ruang gerak.
Cara Memperbaiki Jitter
Mencari tahu cara mengurangi jitter dalam jaringan dimulai dengan mengidentifikasinya terlebih dahulu. Anda tidak dapat memperbaiki apa yang tidak dapat Anda ukur. Anda dapat melakukan ini dengan tes jitter.
Menguji Jitter
Ada beberapa cara untuk menguji jitter, masing-masing dengan tingkat keefektifan yang berbeda-beda. Apa yang Anda gunakan akan bergantung pada alat apa yang Anda miliki, tetapi sebaiknya gunakan lebih dari satu.
Pendekatan termudah adalah dengan menggunakan tes kecepatan online, seperti Tes Latensi di TestMy.net dan Tes Kecepatan Internet Cloudflare di speed.cloudflare.com. Kedua tool ini akan menampilkan skor jitter Anda, terlepas dari metrik penting lainnya seperti bandwidth dan latensi.
Namun, salah satu kelemahan dari tool online ini adalah mereka hanya memberikan gambaran umum tentang skor jitter Anda, yang bisa menyesatkan.Untuk panggilan suara, lebih penting untuk mengukur jitter dan latensi untuk server VoIP tertentu.
Anda dapat melakukannya melalui perintah ping melalui aplikasi terminal komputer Anda. Di Windows, Anda dapat mengetik perintah berikut di Command Prompt:
ping –n 30 [alamat IP]
Ini akan mengirim 30 paket data ke alamat IP target (yang, dalam hal ini, harus menjadi server VoIP Anda). Anda kemudian akan melihat setiap paket dikirim bersama dengan metrik. Namun, yang harus Anda perhatikan adalah deviasi maksimum ( mdev). Ini memberi tahu Anda nilai jitter dalam milidetik.
Kedua tool ini adalah cara mendasar untuk menguji jitter, tool gratis dan tersedia untuk semua orang. Namun, jika Anda menggunakan hosting untuk webinar skala besar atau menjadi bagian dari perusahaan besar, Anda mungkin memiliki akses ke tool pemantauan lanjutan seperti Cisco DNA and Logic Monitor.
Keuntungan dari tool ini adalah mengukur jitter secara real-time dan dapat memberi tahu Anda jika sudah berlebihan. Ini memberi Anda peringatan dini, sehingga Anda dapat mencoba memperbaikinya sebelum menjadi masalah besar.
Satu hal penting yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa jitter bukan hanya masalah satu arah. Misalnya, jika orang lain di panggilan koneksi Anda memiliki router yang rusak atau jaringan yang padat, maka Anda masih akan mengalami efek jitter meskipun koneksi Anda baik-baik saja Jadi, Anda juga harus mengukur skor jitter dari semua peserta panggilan.
Cara Memperbaiki dan Menghindari Jitter
Setelah Anda mengetahui bahwa jitter adalah masalah, Anda dapat menerapkan beberapa atau semua langkah ini untuk meminimalkannya.
Kami menyarankan untuk mencoba satu solusi pada satu waktu, lalu memeriksa jitter Anda setelah masing-masing. Ini dapat menghemat waktu Anda, plus Anda akan mengetahui penyebab pasti dari masalah jitter Anda untuk menghindarinya di masa mendatang.
Yang Dapat Dilakukan Pengguna untuk Memperbaiki Jitter
Ubah Koneksi menggunakan Kabel
Cara cepat memberbaiki jitter adalah dengan mengubah koneksi Anda menggunakan kabel. Jaringan Wifi jauh lebih rentan terhadap gangguan sinyal, jadi sebaiknya beralih ke kabel jika Anda mengalami masalah dengan jitter. Gunakan kabel Ethernet bekualitas tinggi kabel yang dapat Anda temukan.
Uji Frekuensi Perangkat
Jika Anda perlu tetap menggunakan koneksi Wi-Fi, pertimbangkan untuk beralih antara 5 GHz dan 2,4 GHz, tergantung situasi di tempat Anda. 5 GHz menawarkan koneksi yang lebih cepat tetapi memiliki jangkauan yang lebih pendek, jadi bagus jika Anda duduk di dekat router Tetapi jika Anda lebih jauh, coba gunakan 2,4 GHz.Akan lebih baik jika Anda juga mencoba membagi gadget Anda secara merata antara 5 GHz dan 2,4 GHz untuk meminimalkan kemacetan.
Gunakan Router dengan kualitas baik
Solusi lain untuk aliran suara atau video yang bermasalah adalah dengan menggunakan router yang berkualitas. Tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua solusi terkait router dan jitter. Namun, sebagian besar router kelas atas lebih mampu menangani jitter secara efisien. Pastikan untuk melakukan Teliti router dan investasikan router tangguh yang dapat menangani lalu lintas jaringan dan memberikan sinyal nirkabel yang lebih konsisten.
Nonaktifkan Firewall yang Berbasis Inspeksi
Ingatlah bahwa jitter terjadi ketika ada kemacetan dan keterlambatan dalam jaringan, dan firewall juga dapat menyebabkan kemacetan. Cobalah untuk menonaktifkan firewall berbasis pemeriksaan untuk meminimalkan beban kerja router Anda guna mengurangi kemacetan lebih lanjut. Terakhir, coba nonaktifkan aturan akses firewall tertentu seperti SIP ALG dan Double NAT untuk meningkatkan kinerja VoIP.
Prioritaskan Paket
Salah satu fitur router yang mungkin ingin Anda jelajahi lebih jauh adalah Quality of Service (QoS). Fungsi ini memungkinkan Anda untuk memprioritaskan paket suara daripada aplikasi lain untuk mencapai tujuannya lebih cepat. Anda dapat melakukan ini dengan mengonfigurasi paket kelas 46 DSCP ke prioritas tinggi.
Apa yang dapat dilakukan Developer untuk Memperbaiki Jitter
Instal Buffer Jitter
Jika jitter adalah masalah konstan, pertimbangkan untuk menyiapkan buffer jitter di sistem VoIP Anda. Ini bekerja dengan menyimpan paket data untuk waktu yang ditentukan untuk dipasang kembali dengan benar sebelum mengirimnya ke penerima. Panjangnya bisa berkisar antara 30 hingga 200 milidetik, cukup untuk menyelesaikan sebagian besar masalah jitter tetapi tidak cukup lama untuk terlihat.Anda kemungkinan besar akan menggunakan buffer dinamis (berbasis perangkat lunak) kecuali perangkat keras VoIP Anda telah menginstal buffer statis.
Gunakan Agora
Dengan memanfaatkan Agora, pengembang dapat dengan cepat mengurangi jitter audio dan video di aplikasi apa pun. Teknologi Voice Call SDK dan Video Call SDK Agora dapat memberikan pengalaman audio dan video yang lebih jelas dan mulus bagi pengguna. Sesuatu yang merupakan komponen penting dari setiap aplikasi yang sukses Produk inti kami memungkinkan pengembang mengirimkan video, suara, dan platform streaming interaktif langsung melalui jaringan real-time yang cepat dan andal.
Conclusion
Pemotongan dan penundaan yang disebabkan oleh jitter dapat mengalihkan perhatian dari aplikasi berkualitas tinggi yang telah Anda kembangkan dengan susah payah. Platform Agora dirancang khusus untuk membantu pengembang dengan cepat membangun pengalaman suara dan video berkualitas tinggi yang mencegah pengguna merasakan dampak negatif masalah seperti jitter dan packet loss. Bagaimana? Platform Agora menyediakan jaringan global latensi sangat rendah yang menghasilkan pengalaman panggilan dan streaming yang bebas dari gangguan.
Diterjemahkan dari blog agora.io
V-cube Indonesia sebagai partner Agora siap membantu Anda memberikan solusi dan konsultasi teknis agar Anda dapat secara cepat menggunakan SDK yang disediakan sesuai dengan kebutuhkan Aplikasi Anda.