Tips sukses mengadakan Virtual Job Fair

Virtual Job Fair adalah bursa kerja yang diselenggarakan secara online. Sama seperti bursa kerja offline, dimana perusahaan berkumpul untuk menampilkan profil perusahaan dan lowongan kerja dengan tujuan menjaring para talenta ataupun untuk membangun brand image Perusahaan. Satu-satunya perbedaan di sini adalah bahwa itu diadakan secara virtual di sebuah platform secara interaktif.

Perusahaan biasanya menggunakan bursa kerja untuk mencari, menyaring, dan merekrut kandidat potensial dalam waktu beberapa hari. Perusahaan dapat merekrut talenta berkualitas tinggi dalam waktu singkat. Dengan mengadakan bursa kerja secara online melalui platform yang tepat maka selain dapat mengangkat citra perusahaan Anda dapat menarik talenta berbakat darimanapun mereka berada.

Dengan mengadakan virtual job fair, Anda akan menghembat biaya venue, catering maupun akomodasi. Peserta Job fair juga dapat mengakses dari mana saja dengan perangkat yang mereka miliki. Desain tampilan yang dapat di kustomisasi serta laporan yang lengkap.

Berikut ini panduan singkat dan mudah untuk merencanakan Virtual Job Fair.

Memilih platform yang tepat

Saat memilih platform Virtual Job Fair yang akan Anda gunakan, pertimbangkan target audiens Anda dan fitur yang akan berguna dan penting untuk membuat acara Anda sukses dan menarik. Cari rekanan yang memberikan dukungan penuh secara teknis, mulai dari perencanaan, cara penggunakan, ketersedian server dan jaringan hingga laporan dan analitik.

Fitur dasar platform pameran virtual seperti Virtual booth, Ruang Obrolan, panel streaming secara langsung, serta kemampuan untuk menambahkan materi presentasi baik gambar maupun video. Fitur lain yang perlu dipertimbangkan adalah optimalisasi untuk pengguna seluler.

Melakukan perencanaan yang matang

Mengadakan bursa kerja online tentunya memerlukan perencanaan yang matang. Hal ini perlu dilakukan jauh-jauh hari sebelum acara dimulai. Buat daftar apa saja yang Anda perlukan, mulai dari staf, sumber daya dan perangkat lunak tambahan yang harus Anda gunakan. Kembangkan rencana dan buat timeline secara terperinci tentang bagaimana dan kapan setiap tugas harus diselesaikan.

Hitung budget

Setelah menguraikan semua yang Anda butuhkan untuk acara bursa kerja, sekarang Anda perlu menghitung pengeluaran. Anda akan mendapati bahwa biaya yang Anda butuhkan dengan mengadakan bursa secara online jauh lebih murah dibandingkan dengan yang tradisional.

Gunakan Virtual Booth

Sama seperti bursa kerja yang sering diadakan di Jakarta Convention Center, bursa kerja online dapat memiliki stan di mana pencari kerja dapat memperoleh informasi, berinteraksi dengan perusahaan perekrut sekaligus berjejaring dengan pengunjung yang lainnya.

Fitur stan Anda akan bergantung pada jenis platform yang Anda gunakan. Platform yang disediakan oleh V-cube Indonesia telah menyediakan berbagai pilihan booth dan avatar. Profil perusahaan dapat ditampilkan secara lengkap mulai dari logo, brosur, banner, video, kartu nama serta materi presentasi. Anda juga dapat menambahkan tombol agara peserta dapat bergabung langsung ke dalam ruang meeting.

Undang Perusahaan dan pembicara ternama

Tawarkan Virtual Job Fair Anda kepada pemberi kerja perusahaan-perusahaan ternama, agen perekrutan, serta pakar atau pembicara tamu jauh-jauh hari sebelumnya. Beri tahu mereka dengan tepat bagaimana mereka dapat memperoleh manfaat dan kontribusi, dengan merinci profil audiens yang diharapkan, tujuan acara, dan bagaimana hal itu akan disusun dan dikelola.

Promosikan Virtual Job Fair Anda

Sembari mempersiapkan hal-hal teknis terkait plaform yang rundown acara, secara parelal Anda dapat mulai mempromosikan acara Anda. Anda bisa memasarkan melalui meda sosial secara rutin dan tidak ada salahkan untuk mengeluarkan budget iklan agar dapat menjangkau target audiens yang lebih tertarget. Ini akan mengurangi beban kerja Anda dan membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas.

Update Informasi

Setelah para pencara kerja mendaftar untuk mengikuti Virtual Job Fair Anda, Anda akan dapat mengirimkan pengingat, tips persiapan, informasi, detail acara, pembicara, dan banyak lagi. Update terus informasi kepada peserta melalui media sosial dan berusaha mencari tahu apa saja yang ingin mereka lihat di acara Anda. Jika saran tersebut layak, Anda dapat mengimplementasikannya sehingga program acara dapat lebih disesuaikan dengan keinginan audiens.

Follow Up

Menggunakan laporan dan analitik dari platform yang Anda gunakan, Anda dapat menganalisa seberapa sukses acara Anda dan seberapa antusias peserta yang mengikuti. Pastikan Anda juga mendapatkan feedback langsung dari pencari kerja maupun mitra perusahaan. Cari tahu apa yang paling mereka sukai dari acara tersebut dan minta mereka memberikan saran untuk perbaikan acara berikutnya.

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_ID