Perubahan Cara Kerja di Era Pandemi

V-cube Indonesia – Pandemi virus Covid-19 telah membuat perubahan di dunia kerja, dari yang mulanya tatap muka kemudian menggunakan online meeting. Transformasi perubahan perkembangan ini diubah menjadi bekerja dari rumah. Mengingat persebaran virus yang semakin bertambah setiap harinya. Pekerjaan jarak jauh ini telah menuntut transformasi penggunaan teknologi di dunia kerja untuk semakin maju dan terlihat jelas meski di tengah krisis virus.

Banyak teknologi cloud atau gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet memungkinkan mendorong perubahan yang lebih cepat di dunia kerja. Meskipun pada awalnya banyak pimpinan bisnis yang mengatakan hal ini mengandung banyak resiko.

4 Perubahan Cara Kerja di Era Pandemi

Perubahan Cara Kerja di era Pandemi
Penggunaan Hand Sanitizer di lingkungan Kerja

Semenjak pandemi virus corona melanda dunia, banyak sekali perubahan yang ada di dunia. Tak terkecuali pada dunia kerja, ada banyak perubahan dan adaptasi kebiasaan baru. Berikut perubahan cara kerja di era pandemi diantaranya.

1. Menggunakan Teknologi Bekerja Jarak Jauh

Teknologi Internet zaman sekarang kian melesat jauh, ditambah banyaknya pengguna saat pandemi virus corona ini. Hal ini membuat pekerjaan dari jarak jauh tetap aman dari tertularnya virus. Dapat dikatakan teknologi cloud seperti Zoom merupakan alat yang dapat menyelesaikan pekerjaan secara tidak langsung.

Sebagai contoh, suatu perusahaan telah merencanakan pelatihan, namun karena dilarang membuat kerumunan akhirnya pelatihan dilakukan secara online menggunakan platform zoom. Pekerjaan tetap terlaksana dan tetap mematuhi anjuran pemerintah.

2. Teknologi Analitik Digunakan Sebagai Pembuat Keputusan

Pandemi telah membuat penawaran dan permintaan di industri kerja tidak stabil. Hal ini membuat peramalan sektor bisnis tidak dapat berfungsi lagi. Namun, sekarang banyak perusahaan yang menggunakan teknologi analitik. Metode ini dapat memperkirakan masa depan dengan melihat data yang ada.

Data yang digunakan pada teknologi analitik adalah data historis. Yang memungkinkan untuk mengidentifikasi kemungkinan hasil dimasa mendatang. Pengumpulan datanya berbasis cloud serta penyajian analitik data akan menghasilkan keputusan yang dapat dibuat lebih cepat dan kolaboratif.

3. Lebih Mengutamakan Keselamatan

Melihat begitu cepatnya penularang virus corona ini, banyak perusahaan yang lebih mengutamakan keselamatan pekerjanya untuk tidak tertular virus. Perusahaan harus memberi arahan dan aturan terkait keselamatan pekerja selama berada di luar ruangan. Dianjurkan agar perusahaan banyak belajar tentang protokol kesehatan.

Perusahaan tidak bisa menyuruh karyawannya untuk kembali bekerja di kantor sebelum protokol kesehatan belum diberlakukan. Hal ini menyebabkan pekerja harus bekerja dari rumah. Namun, jika perusahaan sudah mempersiapkan protokol kesehatan dengan baik maka karyawan diperbolehkan kembali bekerja di kantor.

4. Perjalanan Bisnis Berkurang

Diprediksi perjalanan bisnis akan terus berkurang dalam dua hingga tiga tahun ke depan. Namun, dengan berkembangknya teknologi sekarang hubungan dengan klient dapat dilakukan secara virtual. Pada akhirnya hal ini mengubah sebagian besar pengambilan keputusan.

Teknologi sekarang dapat membantu perusahaan dan dunia untuk mengambil keputusan lebih cepat dari biasanya.

Itulah perubahan cara kerja di era pandemi ini yang sekarang banyak diaplikasikan di berbagai sektor usaha. V-Cube Indonesia ikut berperan aktif dalam pengoperasian teknologi yang dapat mempermudah pekerjaan Anda. V-cube bahkan telah mengkampanyekan telework jauh sebelum era Pandemi. Jadi meskipun Virus nantinya telah hilang atau mampu dikendalikan dengan adanya Vaksin, namun penggunaan teknologi dan penerapan telework tetap dapat dilakukan kapanpun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_ID