4 Alasan mengapa Virtual Event di 2022 akan terus meningkat

Seiring dengan terus melandainya kasus Covid-19 di Indonesia, acara tatap muka kembali marak dilakukan. Mulai dari sekolah, Mall, Pameran, hingga event perusahaan berskala besar semua sudah melakukan tatap muka. Akan tetapi acara dengan konsep virtual dipredikasi akan tetap ada bahkan cenderung meningkat di Tahun 2022. Dari catatan V-cube Indonesia sendiri, banyak perusahaan yang sudah merencanakan untuk menyelenggarakan Virtual Event pada tahun 2022. Dimana sebagian perusahaan ini sudah pernah melakukannya di tahun 2021 kemarin.

Menurut survei global yang dilakukan oleh Kaltura, setidaknya 48% organisasi berencana untuk menyelenggarakan lebih banyak Acara Virtual. Selain itu, banyak perusahaan memperkirakan bahwa konsep Acara virtual akan berlanjut hingga 2023 dan seterusnya baik yang sepenuhnya virtual maupun hybrid.

Berikut ini empat alasan mengapa Virtual Event di 2022 akan terus meningkat.

1. Kenyamanan

Acara virtual lebih nyaman bagi semua pihak, mulai pihak Event Organizer, pengisi acara atau pembicara hingga para peserta. Acara virtual lebih nyaman untuk dijadwalkan dan dihadiri daripada acara tatap muka. Menurut survey Kaltura, di atas 84% responden menginginkan opsi mengikuti acara virtual atau hybrid.

Menghadiri sebuah acara virtual sangatlah mudah. ​​Tidak perlu bepergian, tidak perlu visa, dan tidak ribet memesan tiket pesawat, lalu lintas yang macet, cari tempat parkir, atau reservasi yang hilang di hotel. Acara dapat diatur beberapa minggu sebelumnya, tidak perlu persiapan berbulan-bulan.

2. Tingkat Kepuasan

Di masa Pandemi, penyelenggaraan Virtual Event meningkat dengan sangat pesat. Menurut survei global Kaltura, 73% peserta merasa puas dengan pengalaman virtual mereka. Sementara itu 93% peserta merasa bahwa Perusahaan penyelenggara event telah berhasil melakukan perubahan acara tatap muka menjadi acara virtua dengan baik.

V-cube Indonesia sendiri banyak mendapat testimoni yang baik dari klien yang telah sukses menyelenggarakan Virtual Event. Klien V-cube yang rata-rata perusahaan besar ini mendapatkan respon yang sangat positif dari para peserta event mereka. Peserta sangat terbantu dengan diadakannya Virtual Event sehingga bisa bergabung tanpa khawatir dengan kendala jarak dan waktu.

3. Hemat Biaya

Manfaat menarik lainnya dari acara virtual adalah biaya produksi dan kehadiran yang lebih rendah. Perusahaan tidak perlu menyewa venue, memesan hotel untuk tamu, atau membayar tiket pesawat untuk pengisi acara. Biaya menghadirkan Pembicara ternama di panggung virtual juga lebih murah dibandingkan menghadirkannya secara langsung.

Sementara itu dari sisi peserta, mereka juga menyukai acara virtual karena biaya untuk menghadirinya jauh lebih murah dan mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi dan akomodasi. Semua dilakukan cukup dari rumah, bahkan dalam sehari terkadang kita dapat menghadiri beberapa Event sekaligus.

4. Konten yang Menarik

Salah satu alasan lagi mengapa Virtual Event di 2022 terus meningkat adalah konten yang semakin menarik. Menurut Kaltura, audiens sangat menyukai kesempatan untuk belajar. Virtual Event memberikan lebih banyak kesempatan audiens untuk dapat mempelajari tentang perusahaan melalui demo produk atau terlibat langsung dengan pemateri dalam diskusi teknis atau sesi tanya jawab.

Baik Event Organizer maupun audiens sama-sama telah menemukan cara yang semakin menarik dan nyaman untuk mengadakan dan bergabung dalam sebuah Virtual Event.

Sumber: inc.com

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_ID